Internet telah menjadi kebutuhan primer generasi milenial. Hampir semua kebutuhan manusia saat ini bisa diakomodasi melalui koneksi internet, mulai dari mencari informasi, membeli barang dari penjual di seberang pulau, hingga memesan makan malam dan memesan layanan transportasi online.

Semua itu adalah kemajuan yang menakjubkan, yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh manusia, 20-30 tahun ke belakang. Terlepas dari banyaknya kelebihan yang ditawarkan, tidak sedikit oknum yang menyalahgunakan internet untuk melakukan kejahatan. Misalnya dengan menyebarkan virus melalui internet. Melalui perantara virus ini, data-data penting Anda akan menjadi incaran hacker tersebut. Data-data yang didapatkan, bisa jadi dijual lagi. Atau data Anda dikunci dan tidak bisa dibuka sebelum membayar sejumlah uang tebusan tertentu.

Sebegitu mengerikannya kejahatan di internet, maka salah satu provider Antivirus ternama memberikan beberapa tips dasar untuk mengamankan data Anda dari pencurian data di internet. Berikut ini rangkumannya :

  1. Untuk Anda pengguna email, jangan sembarangan klik link yang Ada di tautan email yang tidak dikenal. Sebelumnya cek terlebih dahulu keaslian alamat email pengirimnya. Ketika Anda mendapatkan email yang mungkin tidak Anda kenal alamat email itu, jangan langsung membuka link atau tautan yang berada di email tersebut. Mungkin saja dari email spam itu sudah disisipi virus yang akan mengambil data penting Anda. Bila telah terlanjur klik link yang ada ditautan tidak dikenal itu, kami sarankan segera mengganti password Anda.
  2. Jangan menggunakan password yang sama di akun media yang Anda miliki.  Bila Anda memiliki banyak akun, kami sarankan menggunakan beberapa variasi password di tiap akunnya. Hal ini berguna, bila salah satu akun Anda terhack, maka tidak akan merembet ke beberapa akun yang lain.
  3. Gunakan Antivirus Up to Date, Antivirus adalah tools yang wajib ada ketika Anda menggunakan komputer OS Windows. Antivirus ini ibarat satpam komputer Anda. Bila ada hal yang mencurigakan yang akan merusak data komputer Anda, melalui Antivirus bisa saja digagalkan.
  4. Pastikan Browser Anda Menggunakan Versi Terbaru
    Selanjutnya gunakan browser yang up to date. Browser yang tidak up to date biasanya rentan akan serangan.
  5. Hindari Penggunaan Aplikasi Downloader Sembarang, Bila Anda senang melakukan download dari internet, pastikan Anda menggunakan aplikasi downloader yang terpercaya. Selain itu, pastikan selalu download dari sumber atau halaman resmi.
  6. Jangan Membuka Iklan Sembarangan, Ketika Anda berselancar di internet, pasti tidak akan terlepas dengan yang namanya iklan. Bila Anda tertarik dengan iklan yang ditawarkan, pastikan kesungguhan iklan itu sebelum Anda mengkliknya. Bila Anda merasa terganggu dengan adanya iklan, Anda bisa mengaktifkan Ads Block dari browser supaya iklan tidak tampil lagi ketika Anda berkunjung ke suatu website.
  7. Berhati-hati Ketika Melakukan Transaksi di Internet, Saat ini orang lebih sering bertransaksi via online daripada mengunjungi toko. Karena melalui online saja sudah bisa mengetahui detail produk, harga dan lainnya. Namun bila Anda bertransaksi belanja online, pastikan melalui marketplace terpercaya seperti Shoope, Tokopedia, Lazada. Apabila Anda ragu dengan barang yang akan dibeli, usahakan bisa COD supaya Anda bisa memastikan barangnya.
  8. Perhatikan Tingkat Keamanan Website Yang Anda Kunjungi, Saat ini website yang aman salah satu cirinya adalah menggunakan https bila diakses. Untuk itu ketika Anda mengunjungi website, pastikan website tersebut sudah menggunakan https.
  9. Gunakan Sistem Operasi Terbaru, Yang terakhir dan tidak kalah penting, pastikan device Anda menggunakan Sistem Operasi terbaru.

Semua sepakat, Internet saat ini memang banyak membantu kebutuhan kita dalam berbagi informasi, bertransaksi, bersosialisasi, bisnis dan lain sebagainya. Namun yang menjadi keprihatinan bersama sering kali internet disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Menghindari Kemungkinan Pencurian Data di Internet
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *